Categories
Uncategorized

Cara Mengatasi Muntah Pada Anak

Ingatlah jika bahaya muntah pada anak merupakan dengan cepat dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu cermatilah gejala-gejalanya, seperti bibir kering, mata cekung, napas cepat, dan nadi cepat. Pada bayi, dehidrasi ditandai dengan jarang atau tidak buang air kecil, dan ubun-ubun menjadi cekung. Berikut ini merupakan beberapa tips kesehatan untuk mengatasi mual muntah yang aman buat anak atau perawatan di rumah yang dapat membantu meringankan atau bahkan mengatasi muntah pada anak dengan aman sebelum  Anda memutuskan buat pergi ke dokter.

  • Hidrasi

Ini merupakan hal yang paling penting karena muntah berarti mengeluarkan banyak cairan sehingga kita harus memulihkannya. jika anak muntah, maka tunggulah 25 sampai 50 menit sebelum Anda memasukkan apapun di perutnya. Setelah perut sudah mempunyai sedikit waktu buat beristirahat, berilah cairan sesendok demi sesendok.

  • Tunda Makanan Padat

Menunda makanan yang padat hingga waktu ini sudah enam jam sejak episode muntah. selanjutnya cobalah makanan yang mudah dicerna seperti roti atau nasi lembek.

  • Antasida

Apabila keluhan muntah disertai dengan nyeri perut kiri atas atau ulu hati, maka buat mengatasinya kita dapat menggunakan antasida sebagai zat yang dapat menetralkan asam lambung. Parasetamol. Dipakai buat mengatasi sakit perut apabila membuat tak nyaman, tetapi harus dipakai dengan hati-hati jika mempunyai gangguan hati. Obat ini dapat juga buat menurunkan demam, sakit kepala, dan pegal-pegal.

Orangtua yang cerdik akan lebih mengenali anaknya dengan baik dibanding dokter manapun, karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak Anda dari pada dokter atau perawat.

Perut kembung merupakan kondisi yang membuat tidak enak, terlihat tidak menarik, dan memalukan. Penumpukan gas di saluran pencernaan dan penampungan air dapat membuat perut tampak kembung. Tetapi untungnya, hal ini biasanya dapat dihindari dengan perbaikan pola makan dan obat mual muntah yang aman buat anak. Tetapi, bila Anda mengalami gejala-gejala yang parah yang menghambat kehidupan, kunjungi dokter karena hal ini mungkin merupakan indikasi masalah yang lebih serius.

  1. Jagalah tubuh saat mencerna laktosa, bila Anda mengira sedang mengalami intoleransi. Walaupun tidak toleran pada laktosa, Anda tidak perlu berhenti mengkonsumsi es krim dan makanan hasil olahan susu lainnya. Anda dapat minum suplemen yang mengandung enzim laktase saat makan makanan hasil olahan susu.
  2. Coba hentikan gelembung gas dengan simethicone. Obat ini sangat populer, tetapi penelitian ilmiah belum menunjukkan apakah obat ini benar-benar efektif mengatasi gas. Meskipun begitu, obat-obatan berikut ini banyak tersedia.
  3. Gunakan arang aktif. Di Amerika Serikat, pengobatan kuno ini belum terbukti secara ilmiah buat mencegah gas, tetapi kemungkinan tidak akan membahayakan bila digunakan secukupnya. Bukti yang belum dapat diandalkan menunjukkan bahwa sebagian orang menyadari arang aktif ini bermanfaat.
  4. Pertimbangkan buat mengonsumsi suplemen probiotik. Probiotik merupakan salah satu bakteri dan yeast (jamur bersel satu) yang serupa dengan yang ada secara alami di saluran pencernaan dan membantu pencernaan.

Itulah beberapa hal yang dapat menyembuhkan perut kembung dan muntah pada anak kecil, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *