Categories
Uncategorized

Jenis Tanaman Herbal Obat Keluarga yang Mudah Ditemukan di Halaman Rumah

Saat obat belum banyak digunakan, orang jaman dulu memanfaatkan tumbuhan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan penyakit kesehatan yang mereka rasakan. Menurut Badan Kesehatan Dunia, Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada 21.000 spesies tanaman obat yang umum dijumpai di seluruh dunia. Tak heran bila khasiat tanaman obat masih dipercaya hingga saat ini.

Dari sekian banyak tanaman obat, ternyata ada beberapa yang dapat dengan mudah tumbuh di pekarangan bahkan di dalam ruangan. Selain itu manfaatnya juga banyak dan menyehatkan secara alami. Mari mengenal tanaman obat dan menanamnya di rumah.

Jenis Tanaman Herbal Obat Keluarga yang Mudah Ditemukan di Halaman Rumah

Tumbuhan obat berbeda untuk hidup lebih sehat. Setiap tanaman obat memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jangan salah, berbagai macam tanaman obat dapat meredakan gejala sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, batuk, masuk angin, gelisah, dan stres.

 Basil

Daun kemangi merupakan tanaman obat yang juga enak untuk disantap. Jika Anda penggemar makanan khas sunda seperti lalapan atau pecel, maka daun tanaman ini sering dijadikan “suplemen” makanan yang memberi aroma harum.

 Padahal, sebagai ramuan obat, kemangi memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, di antaranya menambah nafsu makan, meredakan gejala perut kembung, dan mengobati goresan pada kulit.

Sebuah laporan yang diposting di Perjalanan Medis Bulan Sabit Merah Iran pada tahun 2016 mengatakan bahwa daun kemangi memiliki efek yang sama dengan peterseli dan spearmint dalam mengobati perut kembung.

chamomile

Pernahkah Anda melihat nama chamomile di menu restoran atau kafe? Ya, ramuan obat ini biasa dijadikan sebagai teh dan baunya harum. Kepala bunga chamomile digunakan sebagai obat untuk meredakan gangguan pencernaan, radang dan iritasi kulit.

 Aromanya yang harum mirip dengan buah apel, yang bisa meredakan gejala kecemasan dan ketegangan. Dalam perannya sebagai penyembuh iritasi kulit, kamomil mengurangi kekeringan, gatal dan kemerahan pada kulit yang meradang dan teriritasi.

Ketumbar

Ketumbar tanaman obat, juga disebut ketumbar, sering digunakan dalam masakan khas Meksiko, Thailand, dan India. Beberapa orang mungkin tidak percaya bahwa ketumbar merupakan ramuan obat dengan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sebagai tanaman obat, ketumbar merupakan “teman” sistem pencernaan manusia, karena dapat mengeluarkan zat beracun dari sistem pencernaan. Tanaman ketumbar tumbuh subur di daerah yang lembab dengan udara dingin. Jika ingin menanamnya, pastikan udara di rumah Anda segar. 4. Lemon balm

Belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh merupakan salah satu jenis tanaman buah obat yang bisa anda tanam di rumah. Buah ini sangat kaya vitamin C, flavonoid, asam format, saponin, peroksidase dan sebagainya.

Tak hanya itu, belimbing juga mengandung asam oksalat yang baik untuk dikonsumsi, terutama yang memiliki masalah ginjal. Beberapa bahan tersebut memiliki khasiat yang bisa Anda nikmati.

Diantaranya, belimbing dapat meredakan batuk, menyembuhkan sariawan, sakit gigi akibat kerusakan gigi, memperbaiki fungsi pencernaan, rematik, tekanan darah tinggi, gusi berdarah dan penyakit lainnya.

Buah belimbing tidak hanya memiliki banyak khasiat, tetapi juga sangat enak dan menyegarkan. Anda bisa memakannya dalam bentuk buah utuh atau mengolahnya menjadi sayuran, jus atau salad.

pepaya

Buah selanjutnya adalah pepaya. Jenis ramuan obat ini banyak dikenal sebagai obat peningkat pencernaan. Ini karena pepaya kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Namun tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi sebagai obat, daun pepaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan diantaranya:

Meredakan nyeri saat haid

Pengobatan Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sebagai pengatur tekanan darah

Sebagai anti kanker

Obati gangguan pencernaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *