Categories
Uncategorized

Model Plafon yang Sering Digunakan di Rumah

Plafon menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Di samping fungsinya sebagai penutup rangka bagian atas, plafon juga akan membuat ruangan lebih menarik. Ada beberapa model plafon yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari model yang sederhana hingga mewah.

Nah, adapun beberapa model plafon yang biasanya sering digunakan seperti berikut ini.

Beberapa Model Plafon yang Sering Digunakan

Anda dapat memilih model plafon sesuai dengan konsep rumah yang anda pilih. Simak beberapa model plafon di bawah ini.

Plafon Datar Konvensional

Plafon ini merupakan versi standar yang sering diaplikasikan pada bangunan di rumah. Plafon ini dipasang mendatar di bawah rangka atas. Material plafon ini berupa papan kayu ataupun dari anyaman bambu yang biasanya banyak diterapkan di rumah dengan konsep tradisional. Dimana material plafon tersebut dipasang 2,5 m sampai 3 m dari bawah atau dari  lantai rumah.

Dibandingkan tipe plafon yang lainnya, plafon ini lebih mudah dipasangkan. Tipe plafon ini akan terkesan monoton karena tidak adanya aksen yang istimewa pada plafon.

Plafon Tipe Baki

Plafon tipe ini di bagian tengahnya dibuat dengan model terangkat. Plafon yang lebih tinggi biasanya berbentuk persegi ataupun polygon dan biasanya disesuaikan dengan konsep rumah yang digunakan. Tidak hanya itu, ada juga beberapa variasi lainnya yang biasanya diaplikasikan untuk membuat plafon terlihat lebih menarik.

Untuk membuat plafon terlihat lebih menarik yaitu dengan memasang lampu pada plafon yang lebih tinggi di bagian dalam tepi plafon. Dengan seperti itu pencahayaan akan terlihat sembunyi. Selain itu, anda juga bisa membuat warna plafon berbeda antara plafon yang lebih tinggi dan plafon lainnya.

Plafon Transparan

Plafon ini biasanya diaplikasikan hanya pada salah satu ruangan saja di rumah. Selain itu plafon ini biasanya diaplikasikan pada ruangan yang  sengaja didesain untuk ruangan semi terbuka. Dengan plafon ini akan membuat cahaya matahari masuk dengan maksimal ke dalam ruangan.

Selain membuat cahaya matahari masuk dengan maksilam, plafon ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih indah dan modern. Plafon ini terbuat dari kaca yang tebal dan kuat. Kaca yang digunakan pun biasanya polos ataupun bermotif.

Plafon Gantung

Tipe plafon selanjutnya yaitu plafon gantung.  Tipe plafon ini terbuat dari rangka besi, serta plafon akustik. Panel plafon yang biasanya sering digunakan yaitu papan gypsum. Plafon tipe ini kelebihannya yaitu dapat menyembunyikan plafon lama yang biasanya sudah tidak bagus atau kualitasnya sudah menurun, menyembunyikan kabel listrik dan lain sebagainya. Dengan plafon model ini ruangan akan nampak semakin artistik.

Lihat juga : Model Plafon Minimalis Terbaru

Plafon Busur

Plafon busur bentuknya melengkung. Plafon ini cocok diaplikasikan pada ruangan yang bentuknya memanjang.  Plafon model ini akan memberikan efek yang dramatis, serta unik. Plafon model ini biasanya dibuat dari papan gypsum dengan sifat yang fleksibel.

Plafon Grid

Plafon model ini cocok untuk ruangan dengan dekorasi minimalis. Plafon ini terdiri dari panel persegi yang terbuat dari  material kaca, papan kayu, logam atau cermin.

Plafon Kubah

Plafon model ini biasanya diaplikasikan pada ruangan luas dan tinggi, serta diaplikasikan pada ruangan yang penting di sebuah rumah. Ruangan yang menggunakan plafon ini akan terlihat mewah.

Itulah beberapa model plafon yang biasanya sering digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *